Selasa, 26 November 2013

Tips Penyebab Gangguan Sulit Tidur




Gbr: http://kontakmediainfo.blogdetik.com
Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan.

Nah bagaimana jika Anda mengalami gangguan Sulit tidur, apa peyebabnya dan bagaimana solusiya?

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.
Gbr: http://www.americanpillo.com

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi  yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.
Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.
Berikut  Tips Tidur untuk Mengatasi Gangguan Sulit Tidur
Jutaan orang di dunia sering mengalami insomnia. Tips tidur berikut, terbukti dapat mengatasi gangguan sulit tidur ini.

1. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur, bukan untuk membaca atau menulis, menonton TV, makan cemilan, atau menelepon.

2. Jika Anda telah berbaring di tempat tidur namun mulai takut tidak bisa tidur, cobalah beberapa teknik ini: “menghitung domba” atau menghitung mundur mulai dari 100.

3. Jika Anda tidak bisa tidur setelah berbaring di tempat tidur selama 30 menit atau lebih, bangunlah untuk sesaat. Cobalah membaca sesuatu yang luar biasa membosankan.

4. Buat dan pertahankan waktu tidur secara rutin.

5. Sebelum waktu tidur, hindari rokok atau minuman berkafein (kopi, teh, cola) dan minuman beralkohol.

6. Hindari ketiduran (atau jatuh tertidur di depan TV dengan acara yang membosankan).

7. Cobalah untuk bangun pada waktu yang sama setiap hari begitu juga tidur di akhir pekan.

8. Olah raga setiap hari, namun tidak menjelang waktu tidur, karena olahraga meningkatkan adrenalin.

9. Jika Anda menggunakan jam berpendar untuk alarm bangun, tempatkan di mana Anda tidak terus menerus melihat waktu.

10. Pakai kasur empuk dan jaga kamar tidur agar berventilasi baik.

11. Anda juga dapat mencoba: mandi air hangat, minum susu hangat, makanan ringan, pijat, atau musik tenang (yang mati secara otomatis).

12. Gunakan tutup telinga agar lebih senyap.

13. Jika Anda mempunyai masalah nyeri sendi atau sakit kepala, minum obat penghilang nyeri sebelum tidur (pastikan tidak mengandung kafein).

14. Hindari menonton televisi atau membaca hingga larut malam.

15. Jika insomnia masih saja berlangsung, periksakan kepada dokter untuk memastikan adanya masalah kesehatan yang membuat Anda tetap terjaga (seperti depresi, gelisah, hyperthyroidism, gagal jantung, atau penyakit pulmonary kronis).

Jika ternyata Anda baik-baik saja namun tetap saja sulit tidur, Anda bisa meminta resep dokter untuk obat tidur yang dapat berguna dalam jangka pendek.

Selai Tips di Atas, berikut juga ada Tips Untuk Tempat Tidur
Kamar tidur akan menjadi tujuan akhir dari aktivitas harian Anda. Maka buatlah kamar tidur menjadi ruangan yang paling nyaman. Apa saja yang diperlukan? Ini langkahnya !

1. Bed-side table.
Meja di sisi tempat tidur sangat diperlukan untuk menaruh barang-barang pribadi seperti handphone, dompet, jam tangan, hingga air minum dan kacamata baca.

2. Side lamp.
Lampu di sisi tempat tidur, akan sangat berguna bagi Anda yang terbiasa tidur dengan ruangan yang gelap. Jika ada hal yang harus dilakukan seperti membaca novel atau mengangkat telepon di malam hari, Anda tinggal menyalakan lampu tersebut.

3. Aromaterapi.
Untuk membuat Anda lebih santai dan rileks, tidak ada salahnya meletakkannya di ruangan tidur. Namun, jangan memakai aromaerapi bakar untuk kamar tidur, karena bisa menyebabkan kebakaran jika Anda lalai. Lebih baik pilih aromaterapi dari rempah-rempah atau tanaman kering yang diletakkan dalam wadah yang cantik.

4. Jam weker.
Ini akan memudahkan Anda untuk terbangun sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Sudahkah Anda memiliki keempat benda tersebut di kamar? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar