Jumat, 17 Januari 2014

Fungsi Pasar



Lanjut postingan sebelumnya mengenai pengertian pasar. Kali ini akan memposting masih berkaitan dengan pasar. Ya semoga apa yang terposting di blog ini semoga banyak memberi manfaat bagi yang membutuhkan informasi mengenai pasar.

Pic: flickr.com
Terbayangkah dalam pikiran kamu seandainya tidak ada pasar? Jika membutuhkan buku kita harus pergi ke perusahaan penerbitan, atau jika ingin memenuhi kebutuhan yang lainnya kita harus mencari atau membuat sendiri. Repot bukan? Kondisi tersebut juga akan dirasakan produsen, karena mereka harus mencari sendiri orang atau pihak-pihak yang membutuhkan hasil produksinya dari rumah ke rumah atau dari daerah ke daerah. Berdasarkan kenyataan tersebut, maka dapat dilihat bahwa pasar memiliki peranan atau fungsi yang penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Adapun fungsi pasar dalam kegiatan ekonomi dapat dikelompokkan dalam 3 poin berikut:

a. Fungsi Distribusi
Pasar sebagai alat distribusi berfungsi mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melakukan transaksi. Contohnya, jika ingin makan permen kita tidak perlu mencarinya di pabrik permen, tetapi cukup pergi ke warung atau toko terdekat untuk mendapatkannya. Begitu juga produsen, untuk memasarkan hasil produksinya ia tinggal membawanya ke pasar, karena di sana sudah banyak calon pembeli yang membutuhkannya. Dengan demikian, keberadaan pasar telah mendekatkan jarak antara produsen dengan konsumen.

b. Fungsi Pembentukan Harga
Sebelum terjadi transaksi jual beli, antara penjual dengan pembeli sebenarnya telah terjadi proses tawar menawar. Dalam proses tawar menawar itu keinginan kedua pihak digabungkan untuk menentukan harga kesepakatan atau harga pasar. Setelah mereka sepakat barulah terjadi transaksi jual beli. Kondisi ini tentunya memungkinkan adanya perbedaan harga yang disepakati oleh penjual bersama pembeli pertama dengan harga yang disepakati bersama pembeli selanjutnya. Namun, perbedaan harga tersebut tidaklah merubah makna dari harga pasar karena masing-masing pihak dipuaskan dan diuntungkan.

c. Fungsi Promosi
Agar produk yang dihasilkan dapat laku di pasaran langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengenalkannya secara luas kepada mmasyarakat, salah satunya dengan promosi. Dalam pelaksanaannya promosi dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti memasang spanduk, menyebar pampllet, dan memasang iklan di media cetak atau media elektronik. Namun, tempat yang paling tepat untuk promosi produk-produk baru kepada calon pembeli hanyalah pasar. Dikatakan demikian, karena pasar (pasar konkret) setiap hari banyak dikunjungi oleh calon pembeli (konsumen) sehingga semua sudut pasar merupakan tempat yang amat strategis untuk digunakan sebagai kegiatan promosi. Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya spanduk, pamplet, poster, dan bilbord yang terpasang di berbagai sudut pasar.

Sekiranya postingan kali ini mengenai fungsi pasar cukup sekian, lain kali di lanjut dengan postingan lainnya, oh ya postingan ini di kutif dari : Drs. Kardiman, Endang Mulyadi, S.Pd, Drs. Achmad Kusriadi. Buku Ekonomi. Dunia Keseharian Kita. untuk kelas 2 SMP. Yudistira. Cetakan Pertama 2004.

Jika dirasa postingan ini ada manfaatnya, silahkan di copas atau di share ke jejaring sosial. Sebaliknya jika postingan ini tidak bermanfaat, saya mohon maaf karena saya bukan alat pemberi manfaat. Saran dan kritik yang sifatnya membangun akan selalu saya tunggu.

Tags:
Pasar, peranan pasar, fungsi pasar, pasar tradisional, definisi pasar, pasar indonesia, perkembangan pasar, peranan pasar bagi ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar