Lanjut postingan sebelumnya mengenai pengertian pasar. Kali ini akan memposting masih berkaitan dengan pasar. Ya semoga apa yang terposting di blog ini semoga banyak memberi manfaat bagi yang membutuhkan informasi mengenai pasar.
Pic: flickr.com |
a. Fungsi Distribusi
Pasar sebagai alat distribusi berfungsi
mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melakukan transaksi. Contohnya,
jika ingin makan permen kita tidak perlu mencarinya di pabrik permen, tetapi
cukup pergi ke warung atau toko terdekat untuk mendapatkannya. Begitu juga
produsen, untuk memasarkan hasil produksinya ia tinggal membawanya ke pasar,
karena di sana sudah banyak calon pembeli yang membutuhkannya. Dengan demikian,
keberadaan pasar telah mendekatkan jarak antara produsen dengan konsumen.
b. Fungsi Pembentukan Harga
Sebelum terjadi transaksi jual beli,
antara penjual dengan pembeli sebenarnya telah terjadi proses tawar menawar. Dalam
proses tawar menawar itu keinginan kedua pihak digabungkan untuk menentukan
harga kesepakatan atau harga pasar. Setelah mereka sepakat barulah terjadi
transaksi jual beli. Kondisi ini tentunya memungkinkan adanya perbedaan harga
yang disepakati oleh penjual bersama pembeli pertama dengan harga yang
disepakati bersama pembeli selanjutnya. Namun, perbedaan harga tersebut
tidaklah merubah makna dari harga pasar karena masing-masing pihak dipuaskan
dan diuntungkan.
c. Fungsi Promosi
Agar produk yang dihasilkan dapat laku
di pasaran langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengenalkannya secara
luas kepada mmasyarakat, salah satunya dengan promosi. Dalam pelaksanaannya
promosi dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti memasang spanduk, menyebar
pampllet, dan memasang iklan di media cetak atau media elektronik. Namun,
tempat yang paling tepat untuk promosi produk-produk baru kepada calon pembeli
hanyalah pasar. Dikatakan demikian, karena pasar (pasar konkret) setiap hari
banyak dikunjungi oleh calon pembeli (konsumen) sehingga semua sudut pasar
merupakan tempat yang amat strategis untuk digunakan sebagai kegiatan promosi. Hal
itu dapat dibuktikan dengan banyaknya spanduk, pamplet, poster, dan bilbord
yang terpasang di berbagai sudut pasar.
Sekiranya postingan kali ini mengenai
fungsi pasar cukup sekian, lain kali di lanjut dengan postingan lainnya, oh ya
postingan ini di kutif dari : Drs. Kardiman, Endang Mulyadi, S.Pd, Drs. Achmad
Kusriadi. Buku Ekonomi. Dunia Keseharian Kita. untuk kelas 2 SMP. Yudistira.
Cetakan Pertama 2004.
Jika dirasa postingan ini ada
manfaatnya, silahkan di copas atau di share ke jejaring sosial. Sebaliknya jika
postingan ini tidak bermanfaat, saya mohon maaf karena saya bukan alat pemberi
manfaat. Saran dan kritik yang sifatnya membangun akan selalu saya tunggu.
Tags:
Pasar, peranan pasar, fungsi pasar,
pasar tradisional, definisi pasar, pasar indonesia, perkembangan pasar, peranan
pasar bagi ekonomi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar